Kisah di Balik Batik Terkenal di Indonesia – Saat Anda bepergian ke berbagai tempat wisata di Indonesia, kemungkinan besar Anda akan menemukan batik, salah satu bentuk seni paling kuno di negara ini. Biasanya ditemukan pada kain atau canvas. Pola batik juga telah dimasukkan ke dalam berbagai kerajinan tangan seperti dompet buatan tangan, tas koin, dan bahkan gelang kayu!

Dari segi artistik, kata “mbatik” berasal dari dua kata bahasa Jawa. Arti luasnya adalah istilah “amba” dan titik matik. Oleh karena itu, batik adalah tekstil yang menggunakan lilin dan pewarna untuk membuat titik-titik yang disusun secara luas dalam pola dan desain yang menakjubkan. Tidak mungkin untuk tidak melihat pola batik pada kunjungan Anda ke Indonesia.

82 Ide Cantik Motif Batik Jawa Barat Mega Mendung Paling Terkenal
82 Ide Cantik Motif Batik Jawa Barat Mega Mendung Paling Terkenal

Beberapa Batik Populer di Indonesia

Bermacam corak batik di Indonesia sangat banyak dan beragam, setiap daerah memiliki corak batik yang khas. Setiap goresan dari suatu pola merupakan simbol yang mengandung pesan yang ingin disampaikan. Berikut beberapa contoh berbagai motif batik populer di Indonesia:

Batik Mega Mendung merupakan kebanggaan warga Cirebon, Jawa Barat. Nama ‘Mega Mendung’ mengacu pada awan yang meredup. Batik Mega Mendung mudah dikenali karena corak awan biru dan merahnya.

Pola Awan berkaitan dengan hal-hal spiritual, sedangkan warna merah dan biru digunakan untuk melambangkan penduduk Cirebon di wilayah pesisir yang lugas, tegas, dan egaliter. Hal ini menjadikan batik asal Cirebon ini menjadi batik terkenal di Indonesia.

  • Batik Dolly

Batik Dolly pertama kali diperkenalkan di Surabaya dan kini semakin populer. Dolly adalah kawasan perumahan yang terletak di gang kecil di jantung kota. Nama gang kecil tersebut adalah Gang Jarak yang diambil dari jenis tanaman yang tumbuh di sana.

Untuk beberapa waktu, gang yang dikenal sebagai kawasan distrik merah itu akhirnya ditutup. Seniman batik mencoba mengabadikan sejarah kelam lorong itu melalui pola batiknya, sehingga kehadiran tanaman jarak dan kupu-kupu mendominasi polanya.

  • Batik Loreng Ondel-ondel

Jakarta, ibu kota negara, juga memiliki motif batik sendiri yaitu Ondel-ondel Loreng. Pola ini menunjukkan pemilihan warna yang cerah yang membuatnya unik, menunjukkan keaktifan orang Betawi. Tiga warna yang mendominasi corak adalah merah, kuning cerah, dan ungu muda. Orang Betawi menghindari penggunaan warna gelap karena dianggap kesedihan.

Produksi batik ini dipusatkan di Palmerah, Bendungan Hilir, Karet Tengsin, dan Kebon Kacang. Bagi wisatawan yang ingin melihat batik, Anda dapat mengunjungi Museum Tekstil di Tanah Abang tempat batik ditampilkan.

  • Batik Kujang Kijang

Motif batik Kujang Kijang berasal dari Bogor, Jawa Barat. Elemen kujang dan rusa mengacu pada ikon kota yang terkenal. Sementara kujang (kujang), senjata tradisional Sunda, merupakan simbol Kota Bogor, rusa (kijang) adalah hewan yang mudah ditemukan di Istana Bogor. Motif Kujang Kijang digambar secara berdampingan dan menghadap ke empat penjuru mata angin melambangkan perlindungan dan keamanan yang datang dari masing-masing sisi.

  • Batik Palembang

Batik Palembang berasal dari Palembang, Sumatera Selatan, dan dipengaruhi oleh beberapa budaya yaitu Cina, Melayu, dan Kongdom Islam. Polanya didominasi oleh elemen bunga dan garis simetris untuk menunjukkan kemurnian, keanggunan, dan kelimpahan sinar matahari.

  • Batik Tabir

Batik Tabir adalah salah satu jenis motif batik dari Riau, Pekanbaru. Coraknya memiliki guratan serupa dengan batik Palembang yang didominasi warna cerah dan unsur floral dari bunga tanjung, bunga kesumbo, dan bunga matahari.

  • Batik Gamolan

Gamolan adalah alat musik tradisional yang terbuat dari bambu yang berasal dari Lampung. Seniman batik dari Lampung memilih untuk menggambar gamolan dalam batik mereka untuk memperkenalkannya kepada khalayak yang lebih luas. Untuk melihat batik ini, wisatawan bisa pergi ke daerah Lampung Barat dan Way Kanan.

Selain Memiliki keindahan serta esetika yang tinggi diantara semua karya yang ada di Indonesia, Batik juga digadang sebagai ikon yang sangat khas dari budaya dan Negara Indonesia itu sendiri, sampai kesan ini dikenal oleh dunia sebagai ikon yang memukau mata. Namun, dalam batik ini memiliki corak khas di berbagai daerahnya, tanpa disadari bahwa symbol itu memiliki makna dari sejarahnya, Berikut Kisah dibalik Simbol batik:

45 Terindah Motif Batik Pekalongan Warna Pastel Istimewa Banget
45 Terindah Motif Batik Pekalongan Warna Pastel Istimewa Banget

Sepenggal Kisah di Balik Corak Batik Indonesia?

1 | Kawung: Pola Pohon Pinang

Batik Kawung dikembangkan pada abad ke-18, pada masa Kesultanan Yogyakarta, kawung dianggap sebagai favorit di kalangan keluarga kerajaan Kesultanan. Pola geometrisnya mewakili buah dari pohon palem pinang.

Dalam bahasa Indonesia, buah ini disebut kolang kaling, makanan lezat yang banyak dinikmati selama bulan Ramadhan. Legenda mengatakan bahwa keluarga kerajaan Kesultanan Yogyakarta sangat menyukai kawung sehingga hanya mereka yang memiliki garis keturunan kerajaan yang boleh memakainya.

2 | Parang: Simbol Keamanan

Pola batik geometris lainnya adalah parang, yang memiliki simbol panjang dan sempit yang mirip dengan pedang atau huruf “S”. Motif batik parang merupakan batik keramat ini berasal dari abad ke-16, di Jawa Tengah , pada masa pemerintahan Sultan Agung Mataram.

Konon Tokoh Dahulu, menciptakan parang sambil mengamati hamparan bebatuan bergerigi di pantai selatan. Ada juga cerita rakyat Indonesia tentang seorang Pangeran Jawa, yang dilindungi karena mengenakan batik parang. Inilah sebabnya mengapa banyak orang Jawa menganggap parang sebagai simbol perlindungan dan keamanan.

3 | Sekar Jagad: Ungkapan Cinta

Sekar jagad dapat ditelusuri kembali ke abad ke-18. Itu mendapat namanya dari kata Belanda “kar”, yang berarti “peta”, dan istilah Jawa ” jagad “, yang berarti “dunia”. Kata sekar juga berarti “bunga” dalam bahasa Indonesia.

Oleh karena itu, sekar jagad mewakili keindahan keanekaragaman Indonesia. Menyampaikan cinta dan kebahagiaan, warna-warna segar dan cerah dari pola bunganya menjadikannya pilihan yang sempurna untuk gaun pengantin.

4 | Truntum: Hadiah dari Ratu

Truntum , salah satu jenis batik populer dari Solo, diciptakan oleh Kanjeng Ratu Kencana, putri Sunan Pakubuwana III. Orang-orang percaya bahwa Ratu, sedih dengan perselingkuhan Raja, membuat pola bintang ini sambil menatap langit malam.

Terkesan dengan motifnya, Raja mengagumi ketekunan istrinya. Cintanya pada Ratu menyala kembali dan dia berdamai dengannya. Legenda ini mempopulerkan truntum sebagai simbol cinta yang bangkit kembali, menjadikannya favorit di antara pengantin.

5 | Ulamsari Mas: Simbol Kesejahteraan

Berasal dari Bali, Batik Ulamsari Mas menggambarkan motif yang hidup dengan gambar udang dan ikan. Memancing adalah salah satu mata pencaharian masyarakat Bali karena pulau ini dikelilingi oleh kehidupan laut yang kaya.

Bali menciptakan batik ini untuk menunjukkan apresiasi mereka terhadap sumber daya alam pulau itu dari ikan, makanan laut, dan bahan baku. Oleh karena itu, pola mas Ulamsari menggambarkan mata pencaharian dan kemakmuran masyarakat Bali. Demikian artikel kisah di balik Batik Terkenal di Indonesia semoga bermanfaat.

Tags :

DISCLAIMER: This image is provided only for personal use. If you found any images copyrighted to yours, please contact us and we will remove it. We don't intend to display any copyright protected images.

Ternyata Motif Batik Cirebon dan Indonesia merupakan 2 hal yang tidak mungkin bisa dipisahkan. Berikut beberapa Batik Cirebon Motif Mega Mendung yang populer di Indonesia untuk merefresh pengetahuan anda. Menariknya dari berbagai Batik Cirebon Motif Mega Mendung mempunyai beragam motif yang terinspirasi dari unsur alam sekitar. Setiap motif pattern batik mengandung makna filosofi terbaik untuk […]

Dapatkan inspirasi terbaik Motif Batik Bali dari kami yang dapat digunakan dalam berbagai hal membatik, busana, acara maupun keperluan lainnya. Berikut beberapa Kamen Batik Bali Terbaru yang populer di Indonesia untuk merefresh pengetahuan anda. Langsung saja mari refresh dan cari berbagai Kamen Batik Bali Terbaru pilihan terbaik dari Graha Batik hari ini. Terima kasih telah […]

Dapatkan inspirasi terbaik Motif Batik Nusantara dari kami yang dapat digunakan dalam berbagai hal membatik, busana, acara maupun keperluan lainnya. Berikut beberapa Bahan Baju Batik yang populer di Indonesia untuk merefresh pengetahuan anda. Langsung saja mari refresh dan cari berbagai Bahan Baju Batik bahan baju batik couple bahan baju batik katun bahan baju batik pria […]

Dapatkan inspirasi terbaik Motif Batik Nusantara dari kami yang dapat digunakan dalam berbagai hal membatik, busana, acara maupun keperluan lainnya. Artikel galeri motif batik ini akan banyak memberi kamu inspirasi Baju Batik Kantor Wanita yang dapat kamu pergunakan setiap harinya. Langsung saja mari refresh dan cari berbagai Baju Batik Kantor Wanita baju batik kantor wanita […]