Intip Jenis Batik Beserta Tata Cara Membatik – Mari simak artikel berikut ini, Proses pembuatan batik dibagi menjadi beberapa proses. Pertama adalah menggambar pola batik, dimana canting digunakan sebagai pena untuk menulis atau menggambar.

Canting biasanya terbuat dari kayu, ujung gagangnya terbuat dari plat kuningan atau seng dan memiliki bentuk yang runcing. Canting biasanya dimasukkan ke dalam panci berisi lilin malam yang nantinya akan digunakan sebagai tinta gambar.

84 Macam Corak Batik Tulis Solo Istimewa Banget
84 Macam Corak Batik Tulis Solo Istimewa Banget

Jenis Batik Beserta Tata Cara Membatik

Banyak jenis – jenis batik yang ada di nusantara menurut cara pembuatanya. Dari batik yang memiliki keunikan tersendiri yaitu batik tulis, hingga batik modern yang di kombinasi. Berikut Berbagai jenis dan Cara produksi Batik:

1. Batik Tulis

Proses pembuatan batik melalui beberapa tahapan, mulai dari persiapan, pemolaan, membatik, pewarnaan, pelorodan dan penyempurnaan. Menariknya, batik jenis ini memiliki motif yang jarang sama persis karena dibuat dengan tangan dan diproduksi secara massal.

Kelebihan dari batik tulis asli adalah pembeli akan memiliki kebanggaan tersendiri karena batik tulis asli biasanya hanya diproduksi oleh satu orang, tidak pernah sama. Sehingga tidak ada orang lain yang memakai batik serupa.

Kekurangannya adalah waktu yang dibutuhkan untuk membatik relatif lama, berkisar antara dua hingga enam bulan untuk satu kain. Selain itu, harga yang ditawarkan akan relatif tinggi karena prosesnya yang lama.

  • Langkah 1, lilin pertama diterapkan di atas garis pola yang digambar dengan pensil. Hampir selalu kain aslinya berwarna putih atau krem.
  • Langkah 2 dalam proses pembuatan batik, kain dicelup dalam rendaman pewarna pertama. Dalam hal ini dyebath pertama berwarna biru nila. Area kain tempat lilin diaplikasikan pada Langkah 1 akan tetap putih.
  • Langkah 3 dalam proses pembuatan batik, aplikasi kedua dari lilin diterapkan. Dalam hal ini adalah warna coklat tua. Kualitas lilin yang lebih rendah digunakan untuk menutupi area kain yang lebih luas. Warna yang lebih gelap membantu membedakannya dari lilin pertama yang diaplikasikan. Setiap bagian yang dilapisi dengan aplikasi lilin ini akan tetap berwarna indigo.
  • Langkah 4 dalam proses pembuatan batik, kain dicelup dalam rendaman pewarna kedua. Dalam hal ini adalah biru laut. Setiap area yang tidak tertutup lilin akan menjadi biru tua.
  • Langkah 5 dalam proses pembuatan batik, semua lilin yang telah diterapkan sejauh ini dihilangkan. Ini dilakukan dengan memanaskan lilin dan mengikisnya dan juga dengan mengoleskan air panas dan menyeka sisa lilin.
  • Langkah 6 dalam proses pembuatan batik, lilin dioleskan ke area kain yang diinginkan seniman agar tetap berwarna biru nila.
  • Langkah 7 dalam proses pembuatan batik, lilin dioleskan ke area kain yang diinginkan seniman agar tetap putih.
  • Langkah 8 dalam proses pembuatan batik, kain terendam dalam rendaman pewarna akhir. Dalam hal ini berwarna coklat. Setiap area kain yang belum dilapisi lilin akan menjadi coklat.
  • Langkah 9 dalam proses pembuatan batik, kain jadi setelah semua lilin dihilangkan.

2. Batik Perangko / Batik Cap

Proses kedua adalah batik cap. Proses pengecapan dilakukan dengan cetakan atau canting yang terbuat dari besi atau aluminium yang berukuran relatif besar. Kantin besar itu juga diolesi wajan berisi lilin.


Berbeda dengan batik tulis, batik cap yang termasuk batik modern dibuat dengan menggunakan cap. Hal ini membuat batik hanya bisa dihias dengan motif berukuran besar. Selain itu, tidak ada motif coretan dan halus pada batik cap. Sedangkan membatik dimulai dari persiapan, pencapaian, pewarnaan, pelorodan dan penyempurnaan.

Keuntungan dari teknik ini adalah menyisihkan waktu untuk produksi karena efek canting yang besar yang ketika memproduksi stempel seperti di kantor pos sehingga media kain akan cepat terisi motif. Harga yang ditawarkan juga akan lebih murah karena produksinya lebih massal. Kekurangan dari kain batik cap adalah akan lebih banyak pengguna yang memiliki motif yang sama karena produksi massal.

86 Ragam Seni Motif Batik Zahra Pekalongan Istimewa Banget
86 Ragam Seni Motif Batik Zahra Pekalongan Istimewa Banget

3. Batik Kombinasi

Batik kombinasi merupakan perpaduan antara batik tulis dan batik cap. Batik ini diciptakan untuk menyempurnakan batik cap yang hanya mampu membuat motif-motif hebat dan seni grafiti yang tidak bisa dibuat dengan tangan. Diperlukan persiapan ekstra dalam membuat batik kombinasi. Salah satunya dengan memadukan motif tulis dan motif cap sehingga nilai seni batik disamakan dengan batik cap.

Sementara itu, proses pembuatan batik kombinasi melalui beberapa tahapan. Diantaranya adalah persiapan, pola (untuk motif besar), batik (motif yang tidak dapat dicap), pewarnaan, pelorodan dan penyempurnaan.

Kenyataannya di pasaran, banyak kain kombinasi yang memiliki teknik cap lebih dari yang mereka tulis. Fakta lapangan ini didasarkan pada banyaknya batik kombinasi yang proporsinya tidak seimbang dan terlihat pada kain.

Harga batik kombinasi tidak semahal batik tulis, melainkan di atas harga batik cap. Motif yang dihasilkan cenderung mengikuti motif batik tulis agar terlihat eksklusif. Sehingga menjadikannya salah satu keuntungan dalam membeli batik tulis kombinasi atau yang tidak asing lagi bagi para pedagang batik caplis. Biasanya kain jenis batik ini digunakan untuk gamis batik di pekalongan.

4. Batik Tekstil / Batik Printing

Proses keempat yang juga sangat populer di pasar batik di Indonesia adalah batik printing. Batik printing tidak berbeda dengan proses garmen lainnya. Dicetak dengan sistem produksi massal, batik printing menjadi populer karena bisa dijual dengan harga yang sangat murah seperti kemeja atau baju lainnya.

Banyak pengamat dan pemerhati batik Indonesia menganggap bahwa proses pencetakan batik bukanlah batik, melainkan tekstil bermotif batik. Tekstur batik memiliki motif yang dihasilkan oleh industri tekstil dengan menggunakan motif batik sebagai desain tekstil.

Proses pembuatan batik jenis ini adalah dengan sistem printing, sehingga produk tersebut dikenal dengan batik printing dan dapat diproduksi dalam jumlah banyak atau banyak sehingga dapat dibeli dengan harga yang terjangkau. Namun, mengingat batik dibuat secara cetak, tidak ada kekhususan batik tradisional.

Jenis terakhir yang juga sangat terkenal adalah menenun. Proses menenun adalah proses yang dimulai dari pemintalan benang yang dirangkai. Alat tenun yang ada ada dua yaitu ATM (Alat Tenun Mesin) dan ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin).

ATM biasanya digunakan untuk memproduksi sarung tangan dengan proses yang cepat dan masif. ATBM lebih untuk beberapa kain tenun yang digunakan untuk kemeja, dimana pemintalan benang dilakukan oleh manusia. Media yang digunakan seperti meja pemintal sederhana dengan menyatukan benang-benang.

Beberapa bahan yang biasa digunakan sebagai media membatik mulai dari katun hingga sutra. Kain katun terbagi menjadi beberapa jenis ditinjau dari ketebalannya. Dari bahan tebal sampai tipis, katun prime mori, katun primisima, katun flag, katun golden carriage, hingga katun saten tertipis.

Begitu juga dengan sutra ada beberapa macam ketebalan. Beberapa sumber mengatakan, semakin tipis kapas, semakin mahal harganya, berbanding terbalik dengan sutra, semakin tipis semakin murah harganya.

Ada beberapa anomali yang terjadi di pasaran, dimana banyak penjual yang mengaku menjual bahan batik sutera lebih murah, yang notabene diganti dengan bahan yang serupa namun berbeda, seperti dobi dan kapas viscous yang teksturnya mirip sutera. Demikian artikel intip Jenis Batik beserta tata cara membatik semoga bermanfaat.

Tags :

DISCLAIMER: This image is provided only for personal use. If you found any images copyrighted to yours, please contact us and we will remove it. We don't intend to display any copyright protected images.

Dapatkan inspirasi terbaik Motif Batik Modern dari kami yang dapat digunakan dalam berbagai hal membatik, busana, acara maupun keperluan lainnya. Artikel galeri motif batik ini akan banyak memberi kamu inspirasi Baju Motif Batik Pria yang dapat kamu pergunakan setiap harinya. Menariknya dari berbagai baju batik pria motif bunga baju batik pria motif burung baju batik […]

Motif Batik apa yang bisa dipakai untuk berbagai momen? Berikut adalah kumpulan galeri Motif Batik Jogja bermanfaat yang populer dan wajib kamu tahu! Berikut beberapa Motif Rumah Batik Yogyakarta yang populer di Indonesia untuk merefresh pengetahuan anda. Menariknya dari berbagai Motif Rumah Batik Yogyakarta mempunyai beragam motif yang terinspirasi dari unsur alam sekitar. Setiap motif […]

Motif Batik apa yang bisa dipakai untuk berbagai momen? Berikut adalah kumpulan galeri Motif Batik Bali bermanfaat yang populer dan wajib kamu tahu! Ribuan ide Sarung Wadimor Motif Batik Bali yang dapat digunakan untuk segala hal fungsinya tetapi pasti akan sangat menarik hasilnya dari yang terbaik. Menariknya dari berbagai Sarung Wadimor Motif Batik Bali mempunyai […]

Motif Batik apa yang bisa dipakai untuk berbagai momen? Berikut adalah kumpulan galeri Motif Batik Solo bermanfaat yang populer dan wajib kamu tahu! Artikel galeri motif batik ini akan banyak memberi kamu inspirasi Motif Batik Omah Laweyan Solo Kota Surakarta Jawa Tengah yang dapat kamu pergunakan setiap harinya. Kadang dari beberapa Motif Batik Omah Laweyan […]

Motif Batik apa yang bisa dipakai untuk berbagai momen? Berikut adalah kumpulan galeri Motif Batik Modern bermanfaat yang populer dan wajib kamu tahu! Berikut beberapa Baju Batik Motif Harimau yang populer di Indonesia untuk merefresh pengetahuan anda. Kadang dari beberapa Baju Batik Motif Harimau yang sering digunakan terlihat seperti biasa, namun ternyata ada makna dan […]

Motif Batik apa yang bisa dipakai untuk berbagai momen? Berikut adalah kumpulan galeri Motif Batik Solo bermanfaat yang populer dan wajib kamu tahu! Ribuan ide Motif Batik Solo Vs Batik Pekalongan yang dapat digunakan untuk segala hal fungsinya tetapi pasti akan sangat menarik hasilnya dari yang terbaik. Kadang dari beberapa Motif Batik Solo Vs Batik […]