Tips Memilih Baju Batik dengan Bahan Terbaik – Mari simak artikel berikut ini, jika ditanya apa itu kain khas Indonesia, yang muncul pertama kali di pikiran Anda mungkin kain batik. Kain yang memiliki banyak motif dari seluruh Indonesia ini memang sudah terkenal dengan keindahannya.

Batik adalah salah satu ikon budaya Indonesia yang paling populer. Namun, terlepas dari popularitasnya, tidak semua pecinta batik terbiasa dengan proses yang melelahkan yang diperlukan untuk menciptakan mahakarya dari batik yang unik dan memiliki estetika tinggi.

Nilai seni batik dapat diketahui dari cara pembuatan batik itu sendiri, yang terdiri dari batik tulis dan batik cap. Di antara keduanya,  batik tulis dikatakan yang paling berharga, karena waktu yang dibutuhkan untuk membuat batik tulis membutuhkan kesabaran dan ketekunan serta ketelitian dalam proses pembuatan.

50 Terbaik  Batik Keluarga Yang Belum Banyak Diketahui
50 Terbaik Batik Keluarga Yang Belum Banyak Diketahui

Bagaimana Tips Memilih Baju Batik dengan Bahan Terbaik?

Mereka yang tertarik membeli batik tulis akan ingin melihat tiga aspek di bawah ini untuk memilih kain terbaik, kain terbaik menentukan kualitas kenyaman saat dipakai sedangkan kualitas lukisan di tandai dengan estetika dari sang pembatik. Berikut tips Memilih baju batik yang baik dan benar:

1. Skema warna

Cara tradisional membatik menggunakan  malam (lilin cair panas), yang diperkenalkan oleh para pedagang Gujarat yang datang ke Jawa pada abad ke-6. Baik motif batik tulis maupun batik cap dibuat menggunakan pewarna alami yang terbuat dari daun dan bunga.

Batik yang Menghasilkan berbagai warna tanah dan umumnya menonjolkan warna sogan coklat tua yang menyerupai warna tanah. Batik ini kadang juga disebut batik sogan. Sedangkan batik cap menggunakan pewarna kimia sehingga menghasilkan warna yang lebih cerah, lebih hidup dan variasi warna yang lebih luas. 

2. Sisi terbalik

Salah satu cara mudah untuk mengidentifikasi batik tulis buatan tangan adalah dengan memeriksa sisi “balik” kain. Pada batik cap, sisi sebaliknya terlihat jelas dengan warna pudar, karena hanya satu sisi kain yang dicetak menggunakan printer tekstil.

Di sisi lain, batik tulis  dibuat dengan mengoleskan lilin ke bagian depan dan belakang kain, dan warnanya selalu cerah di kedua sisinya, karena kain dicelup dengan tangan dengan cara dicelupkan ke dalam tong pewarna.

3. Penampilan ‘Organik’

Setiap goresan pada batik tulis digambar dengan tangan menggunakan canting, alat khusus yang terbuat dari tembaga, yang menghasilkan tampilan motif kain yang lebih “organik” dan memiliki artistic menonjol dari motif batik tersebut.

Selain itu, karena digambar dengan tangan, batik tulis mungkin memiliki noda unik atau kelainan lainnya. Walaupun hal ini mungkin membuat batik tulis terlihat tidak rapi jika dibandingkan dengan batik cap, namun kekacauan yang indah inilah yang membuat batik tulis lebih berharga.

Saat membeli kain batik, jangan lupa untuk memilih jenis kainnya. Jika akan digunakan untuk aktivitas sehari-hari, pilihlah kain batik yang berbahan katun. Kapas menyerap keringat akan memberikan kenyamanan lebih bagi Anda karena anti gerah.

Jika Anda membeli batik untuk acara khusus seperti pesta misalnya, bahan sutra bisa menjadi pilihan yang tepat. Kedua materi tersebut merupakan materi terbaik untuk dua jenis aktivitas yang sering Anda lakukan.

4. Rasakan warna cetaknya

Rabalah tonjolan warna cat pada motif batik yang terdapat pada kain batik. Pastikan warna yang ada di sana tidak menempel di tangan Anda. Jika warna cat meninggalkan bekas di tangan berarti pewarna kain yang digunakan kualitasnya rendah. Hal ini dapat menyebabkan luntur sehingga perlahan kain batik Anda menjadi pudar.

5. Tempelkan pada kulit

Cobalah untuk menempelkan kain batik yang ingin Anda beli ke pada kulit, dari situ Anda bisa merasakan kain tersebut terasa dingin jika dikenakan. Artinya bahan batik adalah kain dengan kualitas yang baik.

Biasanya kain batik jenis ini tidak akan mudah kusam meskipun sudah dicuci berkali-kali. Dan juga jangan takut ketika menemukan kain batik yang terlihat kaku, karena hal ini sering terjadi dan akan melunak dengan sendirinya setelah dicuci.

Cara Memilih Baju Batik Terbaik dan Penggunaan yang Tepat

51 Paling Populer Dress Batik Kombinasi Terbaru dan Terlengkap
51 Paling Populer Dress Batik Kombinasi Terbaru dan Terlengkap

Karena sebagai kain kebanggaan Indonesia, batik banyak dikreasikan dalam berbagai model pakaian. Mulai dari kemeja, blus, hingga gaun mewah. Namun sayangnya, batik sering dianggap sebagai pakaian yang membuat penampilan terlihat lebih tua. Dan dengan tips berikut, Anda tetap bisa tampil awet muda, modis, dan elegan sekaligus dalam memakai batik ini. Berikut tipsnya:

1. Pastikan ukuran dan potongan pas di badan

Kesalahan paling umum biasanya terletak pada ukuran. Sama seperti jas, ukuran baju batik yang Anda gunakan harus pas dengan tubuh Anda. Tidak besar dan tidak terlalu kecil. Untuk potongan busana bisa disesuaikan dengan bentuk tubuh yang Anda miliki. Dan jika Anda memakai pakaian dalam, pastikan kerah baju bagian dalam Anda tidak berlebihan dari kancing atas kemeja yang disematkan saat dipakai, agar celana dalam tidak terlihat.

2. Tunjukan Semangat Muda Anda Dengan Mengenakan Batik Berwarna Cerah atau Pastel

Warna-warna yang dimiliki kain batik sebagian besar sangat elegan, coklat dengan sentuhan keemasan. Tentunya warna ini akan membuat penampilan kita terlihat begitu mewah. Dan sayangnya, warna ini juga bisa membuat kita terlihat lebih tua dari usia kita, apalagi jika dipakai ke sekolah, kuliah, atau kantor.

Agar tetap terlihat muda, modis, dan elegan sekaligus, pilihlah baju batik yang memiliki warna cerah atau pastel. Misalnya fuschia atau toska hijau. Kedua jenis warna tersebut akan memberikan efek cerah pada diri Anda dan wajah Anda. Jadi, Anda akan terlihat lebih muda dan bercahaya.

3. Pilih Baju Batik Lengan Pendek yang Lets Create Everyday

Batik juga bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Tak perlu takut akan terlihat terlalu formal. Anda tinggal memilih kemeja batik berwarna pastel yang memiliki lengan pendek. Padukan dengan celana model chino hitam untuk ke kantor atau jeans berwarna netral untuk ke kampus. Untuk sepatu, cukup kenakan flat oxfords dan berbahan kanvas suede atau sneakers untuk gaya yang lebih kasual.

4. Kemeja Batik Dengan Jenis Motif Flora atau Fauna Sangat Cocok Untuk Menonjolkan Jiwa Muda

Anda bisa menjadikan kemeja batik lengan panjang sebagai pilihan. Pilih kemeja batik bermotif bunga, seperti bunga dan dedaunan, atau fauna, seperti burung cendrawasih, untuk mendapatkan kesan penampilan yang lebih muda dan lebih modern. Selain itu, perhatikan juga bahan kemeja batik yang Anda kenakan. Untuk penampilan formal, yang berbahan halus akan lebih nyaman dipakai dan lebih enak dipandang.

Demikian artikel tips Memilih Baju Batik dengan bahan terbaik semoga memberikan manfaat bagi para pembaca dalam mengetahui dan mendalami tentang bagaiamana cara memilih baju batik yang baik dan benar juga cara mengenakan baju batik agar terlihat kekinian. Semoga membantu para pembaca dan sekian terima kasih.

Tags :

DISCLAIMER: This image is provided only for personal use. If you found any images copyrighted to yours, please contact us and we will remove it. We don't intend to display any copyright protected images.

Ternyata Motif Batik Bunga dan Indonesia merupakan 2 hal yang tidak mungkin bisa dipisahkan. Berikut beberapa Desain Batik Bunga Simple yang populer di Indonesia untuk merefresh pengetahuan anda. Menariknya dari berbagai desain batik bunga simple mempunyai beragam motif yang terinspirasi dari unsur alam sekitar. Setiap motif pattern batik mengandung makna filosofi terbaik untuk kehidupan anda. […]

Dapatkan inspirasi terbaik Motif Batik Jogja dari kami yang dapat digunakan dalam berbagai hal membatik, busana, acara maupun keperluan lainnya. Ribuan ide Motif Batik Resto Jogja yang dapat digunakan untuk segala hal fungsinya tetapi pasti akan sangat menarik hasilnya dari yang terbaik. Langsung saja mari refresh dan cari berbagai Motif Batik Resto Jogja pilihan terbaik […]

Ternyata Motif Batik Jogja dan Indonesia merupakan 2 hal yang tidak mungkin bisa dipisahkan. Ribuan ide Motif Batik Wening Jogja yang dapat digunakan untuk segala hal fungsinya tetapi pasti akan sangat menarik hasilnya dari yang terbaik. Langsung saja mari refresh dan cari berbagai Motif Batik Wening Jogja pilihan terbaik dari Graha Batik hari ini. Terima […]

Dapatkan inspirasi terbaik Motif Batik Jogja dari kami yang dapat digunakan dalam berbagai hal membatik, busana, acara maupun keperluan lainnya. Ribuan ide Motif Batik Afif Yogyakarta yang dapat digunakan untuk segala hal fungsinya tetapi pasti akan sangat menarik hasilnya dari yang terbaik. Kadang dari beberapa Motif Batik Afif Yogyakarta yang sering digunakan terlihat seperti biasa, […]

Dapatkan inspirasi terbaik Motif Batik Jawa dari kami yang dapat digunakan dalam berbagai hal membatik, busana, acara maupun keperluan lainnya. Berikut beberapa Motif Batik Tuban Jawa Timur yang populer di Indonesia untuk merefresh pengetahuan anda. Kadang dari beberapa Motif Batik Tuban Jawa Timur yang sering digunakan terlihat seperti biasa, namun ternyata ada makna dan arti […]

Dapatkan inspirasi terbaik Motif Batik Bunga dari kami yang dapat digunakan dalam berbagai hal membatik, busana, acara maupun keperluan lainnya. Artikel galeri motif batik ini akan banyak memberi kamu inspirasi Desain Batik Bunga Sederhana yang dapat kamu pergunakan setiap harinya. Menariknya dari berbagai desain batik bunga sederhana mempunyai beragam motif yang terinspirasi dari unsur alam […]